SILABUS
NAMA SEKOLAH : MI BUBBULLAH
MATA PELAJARAN : AL QURAN HADITS
KELAS/SEMESTER : IV/I
STANDAR KOMPETENSI : - Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz Amma
- Memahami hadits tentang hormat kepada orang tua dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
ALOKASI WAKTU : 32 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1. Mengenal terjemahan surat al-Lahab | o Terjemah surat al-Lahab | Ø Mempelajari terjemahan surat al-Lahab Ø Mengartikan surat al-Lahab Ø Menyimpulkan terjemahan surat al-Lahab | 1. Mengenal terjemahan surat al-Lahab 2. Menerjemahkan surat al-Lahab 3. Memahami kandungan pokok surat al-Lahab | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
2. Mengenal terjemah surat al-Nashr | o Terjemah surat al-Nashr | Ø Mempelajari terjemahan surat al-Nashr Ø Mengartikan surat al-Nashr Ø Menyimpulkan andungan surat al-Nashr | 1. Mengenal terjemahan surat al-Nashr 2. Menterjemahkan surat al-Nashr 3. Memahami kandungan pokok surat al-Nashr | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
3. Mengenal terjemahan surat al-Kausar | o Terjemah surat al-Kausar | Ø Mempelajari terjemahan surat al-Kausar Ø Mengartikan surat al-Kausar Ø Menyimpulkan terjemahan surat al-Kausar | 1. Mengenal terjemahan surat al-Kausar 2. Menerjemahkan surat al-Kausar 3. Memahami kandungan pokok surat al-Kausar | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
4. Memahami dan mengamalkan hadits tentang hormat kepada orang tua | o Hadits tentang menghormati orang tua | Ø Membaca hadits tentang menghormati orang tua Ø Mengartikan haditstentang menghormati orang tua Ø Menyimpulkan kandungan hadits tentang menghormati orang tua Ø Memotivasi siswa agar membiasakan diri berprilaku hormat kepada orang tua | 1. Membaca hadits tentangmenghormati orang tua 2. Menerjemahkan hadits tentang menghormati orang tua 3. Menjelaskan kandungan hadits tentang menghormati orang tua 4. Menunjukkan prilaku hormat kepada orang tua | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
Mengetahui, Pekanbaru, 10 Desember 2010
Kepala MI Hubbullah Guru Al-Quran-Hadis
Sri Hartati Sihotang, S. Pd Nursadi
NIP : NIM : 10711000054
SILABUS
NAMA SEKOLAH : MI BUBBULLAH
MATA PELAJARAN : AL QURAN HADITS
KELAS/SEMESTER : V/I
STANDAR KOMPETENSI : - Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz Amma
- Memahami hadits tentang menyayangi anak yatim
ALOKASI WAKTU : 32 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1. Mengenal terjemahan surat al-kafirun | o Terjemah surat al-kafirun | Ø Membaca Al-Quran dan terjemahannya Ø Mengartikan surat al-kafirun Ø Menyimpulkan terjemahan surat al-Lahab Ø Membiasakan untuk mengamalkan kandungan pokok surat al-kafirun | 1. Menerjemahkan surat al-kafirun 2. Menjelaskan pokok kandungan surat al-kafirun 3. Mengamalkan pokok surat al-kafirun | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
2. Mengenal terjemahan surat al-ma’un | o Terjemah surat al-ma’un | Ø Membaca Al-Quran dan terjemahannya Ø Mengartikan surat al-ma’un Ø Menyimpulkan terjemahan surat al-ma’un Ø Membiasakan untuk mengamalkan kandungan pokok surat al-ma’un | 4. Menerjemahkan surat al-kafirun 5. Menjelaskan pokok kandungan surat 6. Mengama al-ma’un lkan pokok surat al-ma’un | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
3. Mengenal terjemahan surat at-takatsur | o Terjemah surat at-takatsur | Ø Membaca Al-Quran dan terjemahannya Ø Mengartikan surat at-takatsur Ø Menyimpulkan terjemahan surat at-takatsur Ø Membiasakan untuk mengamalkan kandungan pokok surat at-takatsur | 7. Menerjemahkan surat at-takatsur 8. Menjelaskan pokok kandungan surat at-takatsur 9. Mengamalkan pokok surat at-takatsur | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
4. Mengenal terjemahan hadis tentang menyayangi anak yatim | o Terjemah hadis tentang menyayangi anak yatim | Ø Membaca hadis tentang menyayangi anak yatim Ø Mengartikan hadis tentang menyayangi anak yatim Ø Menyimpulkan terjemahan hadis tentang menyayangi anak yatim Ø Membiasakan untuk mengamalkan kandungan pokok hadis tentang menyayangi anak yatim Ø Menghafal hadis tentang menyayangi anak yatim Ø Berperilaku suka menyayangi anak yatim | 10. Membaca hadis tentang m enyayangi anak yatim 11. Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim 12. Menjelaskan pokok kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim 13. Mengamalkan pokok hadis tentang menyayangi anak yatim 14. Mengahapal hadis tentang menyayangi anak yatim | Jenis test: Ø Test tertulis Ø Test lisan Bentuk test: Ø Objektif Ø Uraian | 8 x 35 menit | o Buku pelajaran Quran Hadist, kelas IV, Menara kudus, Prof. Dr.Chatibul Umar, dkk o Ensiklopedi Islam untuk pelajar o LKS |
Mengetahui, Pekanbaru, 10 Desember 2010
Kepala MI Hubbullah Guru Al-Quran-Hadis
Sri Hartati Sihotang, S. Pd Nursadi
NIP : NIM : 10711000054
SILABUS
NAMA SEKOLAH : MI BUBBULLAH
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : IV/I
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dan menggunakan operasi hitung bilangan dalam penyelesaian masalah
ALOKASI WAKTU : 32 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | INDIKATOR | KEGATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
Melakukan operasi perkaliandan pembagian Melakukan operasi hitung campuran Melkukan penaksiran dan pembulatan Memecahkan masalah uyang melibatkan uang | Operasi hitung bilangan bulat Operasi hitung bilangat bulat Uang | Menemukan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang Melakukan operasi perkalian dengan cara bersusuun Melakukan operasi pembagian tanpa sisa Melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efesien Menentukan aturan perasi hitung campuran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah Menaksir hasil operasi hitung Membulatkan hasil operasi hitung dalam satuan puluhan, dan ratusan terdekat Menaksir jumlah harga dari sekumpulan barang yang bisa dijual sehari-hari Menuliskan cara penulisan nilai uang rupiah | Menghitung penjumlahan 5 bilangan yang sama Menafsirkan hasil penjumlahan berulang Menyimpulkkan hasil penjumlhan berulang Menentukan pola mencari hasil kali untuk perkalian 2 bilangan dua angkan bilangan sama Melakukan perkalian dua bilangan satu, dua, angka dengar dua angka atau lebih Menemukan cara/pola pembagian hasil dua angka tampa sisa Menyelidiki cara penjumlahan yang bener/salah dari pernyataan yang disajikan Menyelidiki pernyataan operasi hitung untuk menentukan aturannya Menyelidiki operasi hitung campuran Mendiskusikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran Mendiskusikan untuk menentukan taksiran tinggi, taksiran rendah Menentukan taksiran harga belanjaan dengan taksiran tinggi dan rendah Membulatkan bilangan kesatuan , puluhan, ratusan terdekat Menaksirkan hasil operasi hitung dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat Diskusi membuat daftar belanjaan dan menaksir nilai pembeliannya Menghitung modal awal, penjualan, keuntungan menggunakan taksiran Menulis nilai mata uang | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes lisan Tes tertulis Tes lisan Tes tertulis | 6 JP 6 JP 4JP 4JP 4JP | Buku penunjang Buku penunjang Kartu bilangan Buku sumber Buku sumber Buku sumber |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar